CARUBAN STADION, The Romantis Place…

Kemaren kita telah mengupas suedikit tentang Jalan Karang’lo yang romantis. Sekarang ada tempat romantis didaerah Caruban yang tak kalah romantisnya dengan Jalan Karang’lo, Stadion Caruban atau GOR Pangeran Timur.

GOR Pangeran Timur

GOR Pangeran Timur

Terletak di 90oLS-90oLU sampai 180oBT-180oBB (he…he….ngawur….) sebelah timur Alun-alun kota Caruban (alun-alunya yo abang ijo kae looh…) kurang lebih 3km, di daerah stadion-31

jalan masuk utama / taman

jalan masuk utama / taman

Sigolodro Kroggahan Mejayan. Dari arah alun-alun kita ke arah timur lewat jalan P.Sudirman, sampai timur Terminal Caruban, ada jalan ke utara, trus sampai mentok duk, lha sampai juga to. Stadion milik Pemeritah Kabupaten Madiun ini dibangun antara abad 27-28M yang menelan biaya kurang lebih sama dengan biaya pembangunan Candi Borobudur di Jawa Tengah. Stadion megah berkapasitas sekitar 100 ribu tempat duduk ini (duduknya sampai lapangan) bisa disamakan dengan kemegahan stadion Bung Karno di Senayan(kalo dilihat sambil merem).

tampak depan

tampak depan

Stadion megah yang letaknya srategis ditengah keramaian padi-padi ini sangat membantu dalam perkembangan olah raga di Caruban khususnya Sepak Bola. Banyak sekali pertandingan-pertandingan sepak bola yang diadakan disana, baik untuk wilayah Caruban maupun daerah sekitarnya.

pertandingan sepak bola

pertandingan sepak bola

Eh….langsung aja yach…..

Stadion ini memang strategis buat apa aja, didukung dengan pemandangan sekitar yang asri nan megah juga testadionrdapat tempat-tempat romantis. Banyak sekali tempat-tempat yang bisa dibuat kategori romantis ambil contoh, didalam stadion di tribu penonton sebelah barat, diluar stadion pas didepan pintu utama stadion yang ada taman kecil nan luas, di sebelah utara komplek stadion jalan sepi tapi bisa rame kalo ada yang lewat. Dulu sewaktu baru dibangun da belum jadi seluruhnya, tribun penonton utama menjadi sangat romantis buat pasangan ato pacaran gitu dech, apalagi sebelum ada pintu gerbang yang ada kuncinya ga’ kayak sekarang. Dulu sering kali sewaktu sore dibuat ajang romantis-romantisan kawula muda untuk memadu kasih (kayak sinetron gitu…). Setelah jalan-jalan sore mesti da kesempatan untuk menikmati suasana dalam stadion untuk sekedar istirahat. Tidak untuk ajang romantis aja sich, tetapi juga untuk istirahat keluarga yang sedang melakukan kegiatan olahraga didalam stadion. Tak hanya romantisme sore hari, pada malam harinyapun tak kalah romantis, dimana ada kesempatan sisi romantis akan timbul denga sendirinya. Malam hari tak kalah hebohya dengan sore harinya malahan lebih hot lagi, pernah dulu (ni dari narasumber terpercaya) ada pasangan yang melakukan adegan #@#!$ (maaf disensor) ditribun penonton pada malam hari. Adegan itu dilakukan pasangan muda mudi yang masih sekolah (identitas sudah diketahui, tetapi untuk kerahasiaan kami tidak menulisnya, kasihan….ntar ada yang berminat….) mereka seperti pasangan suami istri, mereka melakukan adegan itu ditempat yang sangat strategis, dipojok atas (ada yang berminat he…). Narasumber kita hanya bisa melihat tontonan itu tanpa harus susah payah untuk ngebayarnya, wong gruatis kok biarpun gelap tetapi masih bisa terlihat jelas. Tidak hanya di tribun penonton aja ada adegan romantis kayak gitu, di dalam gedung ato di jalan sebelah utara (deket sawahnya pak Agus) juga pernah dijumpai adegan seperti itu, malahan kemaren tu anak masih SMP (sekarang dah SMA kaleee…..)

Sebegitu romantisnya sampai kita-kita bisa berbuat apa aja yang menurut kita itu sah-sah aja. Tidak hanya romantis tetapi juga arena berkumpul yang tepat untuk ngobrol sambil menikmati minuman sing uenak tapi bikin puyeng n bisa muntah (wah nek ini wis mesti ngerti semua…uenak tapi ga uenak he…..) karena suasana sepi dan memungkinkan untuk itu. Ditempat manapun semua itu bisa terjadi, tergantung kita bisa mengendalikan diri untuk tidak melakukan atau terjerumus kedalamnya. Tidak hanya didalam stadion aja yang bisa bikin cerita, di jalan menuju stadion juga banyak cerita. Jalan yang sepi setelah truk-truk dialihkan jalurnya, sekarang menjadi ajang tantangan buat adu nyali pakai motor, drag liar. Bukan ajang resmi tetapi ajang kebut-kebutan liar yang sudah melegenda sejak jaman GajahMada. Uji nyali n motor ini hampir bisa dipastikan apabila ada pihak-pihak yang ingin mengadakan adu kenceng motor-motor mereka. Tidak hanya untuk tes kenceng motor mereka tetapi juga untuk arena adu untuk (buat judi gitu…) kegiatan ini sama dengan yang terjadi di Jalan Karang’lo (mirip pokok’e). Da kabar terbaru dari narasumber yang kabarnya kabur pada saat kejadian, terjadi kecelakaan hebat yang mengakibatkan terenggutnya nyawa pada waktu acara kebut-kebutan motor (drag liar). Apakah semua ini akan terus berulang, hanya karena kita ga bias ngendalikan nafsu kita…. Berdoa aja kita ga ikut-ikutan kayak gitu, yang positif-positif aja yach…..

Masih banyak cerita yang belum bisa termuat disini, tetapi kita bisa melihat gambaran apa saja yang terjadi di Stadion megah Caruban ini. Stadion yang dibangun milyaran dolar ini tidak hanya bisa bermanfaat untuk kegiatan olahraga saja tetapi juga bisa untuk melakukan kegiatan maksiat (semoga kita tidak terjurumus teralalu dalam). Pemandangan indah di dalam maupun di luar stadion akan hilang pabila kita hanya mempergunakannya salah. Banyak kegiatan-kegiatan positif yang harusnya bisa kita lakukan di sana, suatu misal dengan olahraga atau foto-foto, tetapi apakah itu semua akan berarti jika ada salah satu oknum yang mencoreng nama baik Stadion Caruban. Kita hanya bisa berdo’a dan berharap semua itu tidak akan terjadi.

stadion-2stadion-9

tribun penonton

tribun penonton

17 Komentar

  1. caruban kaya akan tempat yang indah…..
    caruban laya akan tradisi jawa…….
    jaruban tempat yang selalu membuat aku kangen….
    jika ingin memper kenalkan caruban bukan hanya mengandalkan sebuah cerita2 yang itu2 saja….
    begitu banyak reverensi di caruban, jika ingin berkembang jangan menggunakan idealis dan otak desamu, gunakan cara berfikir yang sedikit moderen…..
    banyak berita yang bisa di angkat dari caruban…….
    jika anda seperti ini kapan caruban bisa terangkat namanya…..
    kunjungi beberapa web yang kira2 bisa mendukung perkembangan caruban sering2lah update berita dan sering2lah berkunjung dan mencari reverensi di web lain……
    jangan jadikan web caruban menjadi brem…..
    sifat dari brem adalah ia mudah leleh dan mencair jika terkena air……….
    jadih rasa brem yang bisa menyengat lidah seseorang dan mengagetkan otak siapapun yang merasakannya atau memakan brem ini…….
    brem berasal dari caruban dan madiun kenapa takpernah din temukan brem yang bertuliskan atau berlebel BREM KHAS CARUBAN atau BREM ASLI CARUBAN?

  2. tengkyu…..tengkyu…..
    mang kite2 nak kampung, tapi akan berusaha tuk jadikan lebih baek…..
    semua karena keterbatasan, tapi semua tu bukan halangan kalo da yg ngebantu semua ni…..
    kite2 tetep berusaha……
    ditunggu saran berikutnya…….

  3. …whahaha…pertama pkiran yang terlintas setelah gwa baca adalah…”KETAWA….WUAHAHAHA”…(lho knapa ketawa?)….yah karena …stadion kan tempat olahraga tapi malah buat Mbojo….(aduh-aduh)…gwa sebagai anak Tjaruban ASELI….juga agak ngrasa aneh….kenapa temen2 ato oknum yg tak bertanggung jawab menggunakan prasarana PUBLIK untuk kegiatan yang aneh2….pa lagi DRAG RACE…..setelah di Karang’Lo….ke Stadion terus ke depan Kantor DPRD…truz ke depan Ruko Timur……(haduh tambah parah)……hehehehe….yah temen2 ayolah kita manfaatkan sarana yang telah dibangun ini untuk kegiatan yang lebih positif…..jgan mbojo nge-Drag…ato malah mesum-mesum-an……kita perbaiki kualitas Generasi Muda ASELI TJARUBAN……biar kita kagag disorot sebagai generasi2 yang brutal………
    ….eh mas Che Bhe…..gwa punya usul usil…..pemerintah kan mencanangkan KAWASAN BEBAS ROKOK DI TEMPAT UMUM (SARANA PUBLIK)……..gimana kalo kita usul ma Pmerintah Kota TJARUBAN buat SPANDUK yang GEDE…..trus dipasang di STADION…..yang Bunyinya “KAWASAN BEBAS MBOJO DAN BERBUAT MESUM!!!!”…..”JIKA MELANGGAR AKAN DIKAWINKAN!!!!”….WUUUUUUAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHA…….EIP MAS????….

    …UHUK-UHUK….(batuk2 abis ketawa kagag karuan)…..yah moga2 ja image kita di masyarakat luas tentang Anak2 Muda TJARUBAN kagag negatip…..ok…..”KALO KITA BISA BERUBAH MAKA KITA AKAN MENJADI LEBIH BAIK BRO!!!”……(pesen-na Bang_Sat buwat temen2)………

    HIDUP GENERASI MUDA TJARUBAN ASELI

    PIPIS(PEACE)….METAAALL(mELo Total)…and SLIPKNOT……

  4. suuuiiip,,,,,,pooool…….
    dimana ada tempat dan ada kesempatan, mesti itu akan terjadi,
    ga ditempat sepi aja tapi disembarang tempat bisa,,,,,,

    bebas ROKOK di tempat umum,,,,,
    di kota kecil kayak gini masih perlu kesadaran yang mat sangat, melihat dari potensi SDM yang masih pedesaan akan sangat sulit untuk mewujudkannya,
    kasihan tukang ojek ma tukang becak yang akan kecuten mulutnya kalo ga ngrokok dalam 1 menit,,,,
    bisa-bisa semaput mereka,,,,,
    biarpun ada peringatan “DILARANG MEROKOK” tetapi kalo udah kecuten pengen merokok tetep nyedot rokok juga….
    contoh waktu kmaren liat temen di RS, rokoknya ga di bawah peringatan tetapi disampingnya dengan dalih “wong ga ngrokok di bawah tulisane kok, aku ngrokok disebelahnya”,,,,,
    sama aja to……

    soal generasi kite sich dah ada perkembangan soal daya kreasi, tinggal nyari solusi buat nampung inspirasi mereka,,,,
    ga hanya pemerintah daerah aja, tapi kesadaran kite2 ndiri…….

    salam buat SLIPKNOT juga, eh q punya album banrunya looh “ALL HOPE IS GONE”….
    mau…mau….mau…..

  5. ….wealah…mas-mas….Alhmadulillah aq dah pnya album-na SLIPKNOT dari awal…..wekwekwekwek……makasih-makasih….

  6. Karang lo udah dikupas, stadion udah dikupas, giliran selanjutnya tak tebak akan mengupas waduk Widas…mungkin masih nyiapin fotonya oleh potographer mas Neenoo Bettencourt hehe….SUKSES….

  7. bagus juga tulisan anda tetang caruban,tumben dicaruban ada anak muda yang peduli ama kota kelahirannya, yang saya liat selama ini mereka hanya puas dengan yang mereka dapat sekarang stuck maksudnya tak mau berkembang ke hal yang bisa membuat bangga daerahnya. saya aja dari luar jauh2 ingin membuat sesuatu yang dapat dibanggakan untuk kota orang tua saya. saya tinggal di caruban saat ini anda menulis SDM kl masalah rokok dimana jg sama, tapi kalo kreasi kenapa harus kalah?kita dekat madiun n nganjuk, pasti ada patokan kreatifitas yang mencontoh ke madiun or nganjuk or malah kota besar lainnya tergantung individu masing2.soal Brem pabriknya banyak di caruban iya kaga? tapi kenapa orang luar selalu bilang brem madiun so apa yang caruban punya?coba kita jangan kalah ama orang kota, boleh kita di desa tapi jangan mau dibilang ndeso, komentar dari bang_sat juga bener. tapi yang jelas dengan kebersamaan yang muda pasti caruban maju tok kedepannya, yang penting ajaran jawa yg mulai ilang pada anak muda saat ini perihal kromo……ditumbuhkan lagi. YA SEMOGA BLOG BOCAH CARUBAN INI DIBUKA OLEH PEMKAB SO MEREKA MELEK JANGAN HANYA MADIUN YG DIPERHATIKAN, khan DPRDnya di caruban masa kaga ngeh iya kaga boss. lam kenal n thanks

  8. thank kang……
    god bless you pokok’e…..
    PEMKAB…..PLEASE LOOK THIS BLOG………………
    semua ni berawal dari ketertinggalan atas semua yang pernah ada.
    lebih baik tertinggal daripada tidak sama sekali.
    lebih baik tidak sama sekali daripada merugikan…..

    semuanya masih nyari pa aja yang bisa buat ngembangin ni semua, partisipasi dari semua pihak mang diharapkan, tapi masih dalam sekala kecil gitu.
    nak sini sebenernya punya potensi, tapi kalo ga da wadah n contoh mesti dech akan vakum n ngerong…..
    tapi ga masalah selama masih ada yang mo seperti ni,,,,,
    SUKSES SELALU KANG!!!!!!!!!!!

  9. WAH BAGUSSSSSSSSSSSS KLO BISA FOTO TMPAT2 INDAH LAINYA DI CARUBAN YA………………………………………DARI Q FAIZAL ANAK DEPAN TERMINAL…………………………….z2

  10. wah jadi ilang kangenku sama kampung halaman,soalnya udah lama ga muleh2.

  11. Please kalo ada temen2 alumni SMK PGRI AUTOMOTIF lulusan 2001,add aku di facebook,aku sekarang kerja di Tambang Batubara Samarinda.thank you. Sorry ya mas tempatmu kujadikan tempat buat nyari temen2ku di kampung.

  12. lo gambarin dunk keadaan malem na kota caruban……
    biar tambah seru…..
    apake’…..
    balapan na ato yang laen…..
    ato makanan khas na caruban…..

    tanks cheers for u all

  13. wahhhh….,lihat foto stadion tu…, aq jd ingat wktu msh pacaran hehehe….,thanksn brooo….,low bsa di perbanyak yooo fotone…..,

  14. hee…….
    weh ntar yg waktu itu ketemu aq kamu ya…..
    pacaran ndek dalam stadion haaaa……..(becanda zob….)
    fotonya akan segera diperbanyak, tp mengingat stadion tetep ga banyak berubah ya artinya ntar mesti mirip2 gitu haaa……

  15. sip….sip…..sip…….
    akan segera direalisasi….
    masih nunggu kiriman dari temen2 reporter hee…..

  16. bgz caruban akan di bngn jalan tol!jdi jakarta pindah ke caruban

  17. iyo akan dibangun……
    tapi lewat atas kota caruban haaa…..
    moga ja cepet terealisasi…..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s