Tips Liburan Sekolah

Wuihh…gak terasa sudah masuk liburan sekolah,,, waktunya holiday nich….

Ngomong-ngomong tentang liburan sekolah, ada perbedaan yang sangat menyolok antara orang kita dengan orang Jerman (gak tahu ya kalo di negara lain gimana, mungkin teman-teman ada yang mau sharing😉 bisa kirim ceritanya ke duniariana@yahoo.com dan nanti akan dimuat di blog ini untuk sharing juga ke teman-teman). Mau tahu apa ? ini khas bangets deh orang Jerman. Mereka ini kalo berlibur, besok akan berangkat (berlibur dengan kendaraan pribadi) satu hari sebelumnya atau katakan sore/malam hari sebelumnya sudah rapih memasukkan semua barang-barang bawaannya ke mobil. Jadi besok tinggal berangkat aja. Setahuku nih ya…minimal aku sendiri (dan teman yang kebetulan kita ngobrol di YM tentang tema ini juga sama), besok berangkat, ya paginya atau sebelum berangkat langsung itu baru deh kita masukkin rapih barang-barang kedalam mobil. Jeleknya kan jadinya kita ribet sendiri sebelum berangkat ya, gak ?😉. Dan resiko untuk kelupaan jadi tambah besar.

Begitu juga dengan rencana liburan, setahun sebelumnya itu sudah rapih direncanakan, bahkan pesan penginapan dll juga lho…rapihkan😉

Tapi ini sebetulnya hanya kebiasaan aja kok ya, bukan budaya. Atau malah budaya ? hehehhe…yang jelas sih biasa karena budaya rapih, tertib dan disiplin ya. Atau jangan-jangan di Indo kalo kita malamnya udah masuk-masukkin barang, paginya gak jadi berangkat, soalnya udah amblas duluan barang-barang didalam mobil alias dicuri hihihi…padahal disini, mobil-mobil dari yang biasa sampe yang mewah parkir diluar semua bebas lepas terbuka.

Liburan kemana dan Naik apa ?

Liburan kemana ini bebas ya…mau keluar negeri (kalo cukup uang & ada alasan/tujuan yang bagus & bermanfaat, misalnya Nino mau liburan ke Indo, mau santai, ketemu keluarga, sodara dan temen-temen mayanya ;-)) ; keluar kota atau bahkan di dalam kota aja, yang tentunya juga gak kalah asik dan serunya kok dengan liburan yang jauh-jauh.

Naik apa juga banyak pilihan…tergantung kemananya juga. Naik mobil, naik bus, naik kereta atau pesawat ? Mana yang enak buat keluarga kita. Jangan lupa juga tempat yang akan kita kunjungi itu kira-kira asik pake kereta atau mobil ya ? kalo jarak objek wisatanya berjauhan tentunya sangat disarankan bawa mobil sendiri karena bisa lebih lincah dan santai, apalagi pergi dengan anak kecil ya. Tapi kalo jarak kota tujuan berlibur kita terlalu jauh, sementara disana obyek turisnya berjauhan, bisa mungkin dengan alternatif lain, yaitu naik kereta dulu, terus sampai di kota tujuan sewa mobil. Banyak juga paket penawaran tiket kereta api termasuk hotelnya. Jadi lumayan bisa ngirit.

Kalau naik mobil, jangan lupa jauh hari mobil diperiksa dulu ke bengkel, ok gak untuk perjalanan jauh. Kalo gak sip kan yang ada liburannya jadi terganggu. Lain cerita kalo emang udah diperiksa ok semua, terus di jalan mobilnya ngambek😉 tapi jangan sentres dulu, kan bisa langsung telpon ADAC (automobile club di Caruban), datang deh diperbaiki, kalo gak bisa kan dikasih pinjeman mobil malah. Bukan promosi lho ya😉 kebetulan ikut ADAC aja…kan banyak fasilitas dan manfaatnya tuh.

Pakaian

Pakaian apa yang akan dibawa, bisa coba disesuaikan atau dicari infonya terlebih dahulu tentang sikon tempat yang akan kita kunjungi dan bagaimana perkiraan cuacanya disana, disini (Caruban) bisa kita cek lewat internet (www.bocahcaruban.co.cc). Paling praktis menyiapkan pakaian sekian potong celana (jeans & bahan), rok serta atasan/ bluse atau shirt dan jaket/blazer/cardigan untuk jaga-jaga kalo udara dingin. Kalo berlibur lama ke Indonesia misalnya kampung halaman, jangan lupa juga bawa 1 stel baju pesta. Siapa tahu kan kita diundang acara pernikahan atau party apa gitu. Baju renang juga jangan lupa bawa ya, untuk yang suka berenang😉

Kenapa celana/rok jeans paling praktis ? karena simple dan netral. Dengan hanya membawa jeans saja, sudah tinggal padu padan atasannya.

Persiapan Obat-Obatan

Jangan lupa membawa cadangan obat yang biasa kita dan keluarga gunakan. Misalnya aspirin (untuk sakit kepala) dan obat batuk, jangan lupa juga bawa pflaster.

Souvenir/Oleh-Oleh

Kalo kita berkunjung ke saudara/teman atau pulang kampung, sudah pasti dunk kita bawa oleh-oleh. Yang paling gampang coklat kali ya😉 Jangan lupa untuk yang satu ini kalo kita sebaiknya dibuat liste/daftar, supaya tidak melebihi budget. Kadang yang satu ini bikin kita nafsu juga, karena senang akan berlibur, rasanya pengen bagi bagi kesenangan, Tapi jangan lupa lho ya..ini kan belum awal liburan, jadi jangan sampai budget kita habis duluan untuk yang satu ini lho. Pelit ? Gak juga kok😉 Dicari yang sepraktis mungkin ya. Untuk yang tinggal di satu keluarga besar, mungkin bisa dibelikan coklat besar dengan masing-masing satuan terbungkus. Sehingga pada saat acara keluarga semua berkumpul, bisa langsung disuguhkan. Untuk yang dibagikan, bisa dibeli coklat dengan kemasan yang apik, kemudian kita bungkus dengan kertas kado untuk dihadiahkan. Supaya lebih terlihat apik😉
Tidak harus coklat lho ya…bisa juga yang lain, dari coklat, kue sampe ke parfum.

Jadi semuanya bisa enjoy dan menikmati liburan dengan santai😉

Nah, berikut persiapan awal apa aja ya kira-kira. Ayo kita coba bikin daftarnya, jauh hari sebelum liburan tiba.

1. Liburan kemana yaaa…??? (Jangan lupa juga pesan tiket/booking hotel jauh hari, karena dimusim liburan kan banyak penawaran)
2. Tempat (Objekt) mana yang akan kita kunjungi/lihat ?
3. Siapa saja yang akan kita kunjungi/temui alias kopdaran ?
4. Bikin daftar Oleh-oleh, rinciannya dan nama-nama yang akan kita kasih😉
5. Persiapan bekal makanan/cemilan, Obat-obatan sampai perlengkapan mandi
6. Persiapan pakaian yang akan dibawa (baju santai, sport dan baju pesta)
7. Jangan lupa bawa kamera dan chargernya lho ya😉

Selamat berlibur ya😉
eh iya….
moga nilainya bagus-bagus,,,,,,

2 Komentar

  1. bos sebaiknya ditambahkan gambar?
    supaya gk kelihatan sepi gtu!!!!!!!!!!!

  2. okey,,,okey,,,,
    ntar lagi gambar akan di upload,,,,
    mo gambar apa?????


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s